Cara Kerja CCTV Online yang Perlu Anda Ketahui sebagai Piranti Keamanan Rumah Anda

Piranti keamanan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia terutama masyarakat Indonesia adalah CCTV. CCTV banyak digunakan oleh masyarakat untuk merekam kejadian-kejadian yang dapat terjadi di sekitar kita. CCTV sendiri sering digunakan oleh masyarakat sebagai barang bukti bila terjadi pencurian, penculikan, dan kejahatan lain yang dapat diserahkan ke pihak berwenang seperti polisi untuk ditindak lanjuti. CCTV biasa dipasang di tempat-tempat tersembunyi yang dapat menjangkau seluruh ruangan, misalnya saja di pertokoan, bandara, stasiun, supermarket, sampai rumah-rumah penduduk. Hal ini dilakukan supaya dapat meminimalisir kejahatan yang bisa terjadi kapan saja yang tak pernah melihat waktu dan tempat. Sebelum kita membeli CCTV sebagai pengaman rumah atau pertokoan anda, baiknya anda paham terhadap Cara Kerja CCTV supaya anda merasa tidak sia-sia dalam membeli CCTV ini.

CCTV yang beredar di masyarakat banyak sekali jenisnya, mulai dari CCTV yang masih menggunakan cara kerja yang konvensional sampai dengan Cara Kerja CCTV yang sudah berteknologi tinggi. CCTV yang sedang ngehitz saat ini adalah CCTV yang menggunakan Cara Kerja CCTV secara online.

CCTV yang menggunakan Cara Kerja CCTV secara online sering dikenal dengan nama IP Camera atau Internet Protocol Camera. CCTV jenis ini merupakan salah satu troborasan terbaru dari teknologi CCTV yang menggunakan jaringan internet. Dengan menggunakan CCTV jenis IP Camera ini, anda dapat mengamati atau memonitoring rumah atau pertokoan anda dalam memantau situasi yang berkaitan dengan keamanan di tempat tersebut. Selain itu IP Camera ini dapat digunakan sebagai live view layaknya anda sedang melakukan streaming video namun ini dalam segi pantau-memantau situasi rumah atau pertokoan anda.

CCTV berbasis IP Camera ini memiliki beberapa fitur canggih mulai dari lensa, sensor gambar (CCD atau CMOS), mikro komputer dan etherne, prosesor yang dapat mengolah dan mengompresi gambar yang diterima, dan input-ouput guna mengontrol lensa serta audio. CCTV berbasis IP Camera ini sangatlah berbeda dari CCTV versi lawas yaitu bahwa CCTV berbasis IP Camera ini memiliki output yang berbentuk digital sehingga pengguna bisa langsung menghubungan CCTV-nya dengan jaringan yang ada di komputer anda. Bagi anda yang penasaran bagaimana Cara Kerja CCTV berbasis IP Camera ini, anda bisa menyimak informasinya berikut ini.

Baca juga :  Cara Setting CCTV Online H.264 DVR

Cara Kerja CCTV berbasis IP Camera ini terbilang mudah yaitu lensa dari IP Camera akan menangkap objek yang dituju. Kemudian objek tadi diproses oleh CCD atau sensor gambar yang selanjutnya akan dikirimkan ke rangkaian pengolah gambar yang nantinya digerakkan oleh DSP Prosesor. Gambar yang diproses sedemikian rupa, ukurannya di kompres supaya ukuran gambar tersebut tidak terlalu besar. Setelah gambar tadi dikompres, langkah selanjutnya gambar tadi dikirim ke mikro komputer dan ethernet yang telah terhubung dengan jaringan internet. Hal ini membutuhkan alamat IP sehingga anda perlu menemukan alamat IP yang ada di merek IP Camera anda karena setiap IP Camera memiliki alamat IP yang disetting berbeda-beda pula.

Cara Kerja CCTV berbasis IP Camera selanjutnya adalah anda tinggal mengakses IP Camera anda yang telah terinstalasi dengan memanfaatkan berbagai web browser yang ada misalnya Mozilla Firefox, Opera, atau Google Chrome. Mau tahu caranya ? Caranya simple sekali, saya yakin anda bisa melakukannya juga. Layaknya anda mengakses suatu web dari ketiga web tadi yaitu anda tinggal mengetik alamat IP Camera anda pada web yang akan anda gunakan. Nah, setelah anda mengetik alamat IP Camera anda, sudah deh sekarang anda bisa mengakses CCTV walaupun anda berada jauh dari CCTV IP Camera anda dipasang.

Selain mengetahui bagaimana Cara Kerja CCTV di atas, anda sebagai masyarakat yang membutuhkan CCTV perlu mengetahui pemasangan atau setting dari berbagai macam CCTV. Kali ini saya akan membahas Cara Setting CCTV Online dengan IP Static dan Cara Setting CCTV Online dengan IP Dinamic.

  1. Cara Setting CCTV Online dengan IP Static
  2. Anda bisa membuka menut setting di DVR IP statiknya 192.168.1.10 di port : 8000 dengan asumsi model adsl yang anda pakai adalah modem tplink 8817 dengan alamat IP 192.168.1.1.
  3. Selanjutnya anda bisa setting modem adsl anda untuk menyalakan koneksi internet. Kemudian anda atur pada bagian port forwardingnya di Advances Setup – NAT – Virtual Server – isikan IP yang disetting pada DVR.
  4. Anda save dulu setting yang telah anda lakukan tadi, kemudian anda cek situs untuk pengecekan port forwardingnya. Anda bisa isikan IP Public yang di dapat dari Telkom Speedy
  5. Ketika port 8000 sudah dibuka maka secara otomatis IP Public sudah bisa diambil.
  6. Nah kalau semua suda beres, tinggal klik oke dan langsung cek hasilnya melalui web browser yang sering kita gunakan dengan menuliskan IP static dan portnya.
  7. Di menu setting video viewer, anda dapat mengisikan IP adress yang dapat anda isikan dengan IP Public, port yang digunakan juga disesuaikan, serta username dan password diisi dengan username dan password yang tercantum pada DVR.
  8. Setelah settingannya sudah beres, maka akan keluar tampilan CCTV-nya.
  9. Cara Setting CCTV Online dengan IP Dinamic
  10. Anda perlu mendaftarkan akun Dynamic DNS (DDNS) anda dan membuat host. Anda harus memiliki akun supaya anda bisa menggunakan Dynamic DNS servide pada provder yang kamu pilih. Selain itu kamu juga harus membuat hostname pada DDNS no IP yang nantinya dapat kamu gunakan sebagai alamat DVR CCTV online anda sehingga anda dapat mengakses DVR CCTV anda melalui internet.
  11. Anda perlu melakukan setting DDNS Updater. DDNS Updater ini berfungsi untuk memberitahu IP Public yang kamu pakai kepada server DDNS.
  12. Selanjutnya, anda perlu juga melakukan setting port forwarding. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengakses IP Public yang ada pada jaringan DVR CCTV anda.
  13. Dan yang terakhir, anda dapat mengakses DVR CCTV online DDNS melalui jaringan internet. Nah, setelah anda mensetting CCTV anda, sekarang anda dapat menggunakan CCTV online anda dari tempat manapun dan kapanpun saja.
Facebook