Cara Pasang CCTV, Baca ini Dulu Sebelum Pasang!

Cara Pasang CCTV merupakan langkah-langkah yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk memasang CCTV sendiri. Memasang CCTV dapat dilakukan oleh ahli pasang CCTV, namun anda juga dapat melakukan pemasangannya sendiri dengan sangat mudah. Disamping itu, pemasangan CCTV oleh diri sendiri akan menimbulkan kepuasan tersendiri dan anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya sewa ahli pasang CCTV. Bagaimana caranya? Mari kita simak postingan dibawah ini!

 

Mari Belajar Cara Pasang CCTV di Rumah!

 

  • Sediakan bahan peralatan yang dibutuhkan

Dalam pemasangan CCTV anda akan memerlukan beberapa bahan pokok yang merupakan komponen penting seperti DVR (untuk ukuran rumah menengah ke bawah, anda dapat membeli CCTV dengan DVR 4 channel), monitor, camera indoor/outdoor, mouse, kabel CCTV, kabel cumi, power supply, Hard Disk (HDD), BNC, dan HDMI. Selain bahan-bahan pokok CCTV-nya, anda juga membutuhkan peralatan pendukuny lainnya seperti tangga, bor, obeng dan skrup untuk menempelkan camera indoor dan outdoor. Labih lanjut lagi, siapkan juga meja kecil untuk menyimpan DVR dan monitor CCTV, kemudian letakan di tempat yang paling strategis menurut anda.

  • Memasang Camera CCTV

Cara pasang CCTV harus benar-benar diperhatikan. Pasanglah kamera di beberapa spot yang dapat memungkinkan potensi keamanan rumah anda terganggu. Untuk indoor camera, anda bisa meletakannya di beberapa penjuru rumah. Sedangkan untuk outdoor kamera, anda bisa meletakannya di halaman rumah dan garasi kendaraan anda. Anda tentunya yang lebih tahu spot penting yang ada di rumah masing-masing.

 

  • Koneksikan Camera CCTV ke DVR

Setelah pemasangan camera CCTV selesai, maka pasanglah kabel-kabel dari beberapa kamera tersebut dan tarik lalu hubungkan ke DVR. Pasanglah dengan rapih sehingga kabel-kabel tersebut tidak mengganggu pemandangan rumah anda.

Baca juga :  Cara Pasang CCTV dan Instalasi Sendiri Sangat Mudah Di Rumah

 

  • Koneksikan Elemen Lainnya ke DVR

Cara pasang CCTV yang selanjutnya adalah dengan menghubungkan kabel Power DVR, Mouse, dan Kabel BNC. Semua itu harus dikoneksikan ke lubang-lubang yang telah ada dan tersedia di perangkat DVR. Kabel BNC yang satu lagi sambungkan ke adaptor yang telah dipasang kabel cumi sesuai dengan lubang channel DVR dari CCTV yang telah anda beli tersebut. Kemudian, hubungkan lagi kabel BNC dan kabel cumi tersebut ke kabel camera yang telah terpasang sebelumnya. Setelah itu, masukan juga kabel HDMI ke DVR yang telah terhubung ke monitor atau televisi anda untuk menampilkan suara rekaman video. Begitu seterusnya sampai semua kamera CCTV anda dapat menyala dengan baik di monitor atau TV.

 

 

Cara Memasang CCTV Sendiri Agar Terkoneksi ke Smartphone

Cara setting CCTV agar terkoneksi dengan smartphone cukup mudah. Anda hanya perlu mengakses boot wizard yang biasanya tampil ketika monitor atau TV untuk pertama kalinya dinyalakan setelah disambungkan dengan CCTV. Disana akan ada dua pilihan cloud service enable dan do not prompt, silahkan anda pilih cloud service enable kemudian klik next. Pada monitor atau TV akan tampil barcode sehingga anda dapat men-scan barcode tersebut menggunakan Smartphone sehingga muncul link download di smartphone tersebut. Buka aplikasi tersebut kemuadian lakukan registrasi dan log in dengan email dan password yang sudah anda masukan pada saat melakukan registrasi. Dilayar smartphone akan muncul device list is empty, add device or not. Nah, anda harus pilih add device list kemudian pilih lagi two dimension code scanning dan lakukan scan pada DVR anda. Selanjutnya, anda harus mengkoneksikan internet ke DVR sampai CCTV yang telah anda pasang dapat terkoneksi secara langsung ke Smartphone kesayangan anda.

Baca juga :  Penjelasan Singkat Tentang CCTV kabel + Power

 

Dengan tersambungnya CCTV rumah anda ke Smartphone, maka anda dapat memonitor dan mengontrol keadaan di rumah dan halaman walapun dari jarak jauh melalui layar hp anda. Ini dapat menjadi proteksi anda ketika sedang berada di luar rumah sekalipun. CCTV yang dipasang di rumah juga dapat menjadi barang bukti penting ketika terjadi kejahatan seperti pencurian yang mungkin menghampiri rumah anda.

Itulah sekelumit tentang tata cara pasang CCTV di rumah yang bisa anda praktikan tanpa harus menyewa seorang ahli pasang CCTV.

 

Facebook