Cara Pasang CCTV Sendiri Tanpa Teknisi

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, bentuk kejahatan pun berkembang sedemikian rupa. Tingkat kesejahteraan rakyat yang semakin rendah ditambah dengan tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat orang-orang terpaksa melakukan kejahatan. Perampokan dan pembunuhan masih terjadi di mana-mana. Untuk melindungi diri kita dan keluarga, ada baiknya memasang sistem keamanan yang canggih guna meminimalisir adanya kejahatan di rumah atau kantor kita. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kejahatan adalah dengan memasang kamera CCTV di rumah atau kantor. Ketika seseorang membeli CCTV, biasanya mereka tidak perlu repot-repot memasang CCTV sendiri. Ada teknisi yang siap membantu Anda dalam proses pemasangan CCTV yang memang agak sedikit lebih rumit. Cara pasang CCTV sendiri memang agak rumit, kecuali jika Anda membeli IP CCTV yang cenderung lebih mudah dipasang.

 

Cara Pasang CCTV Paling Mudah

 

Untuk Anda yang ingin memasang kamera CCTV sendiri tanpa melibatkan teknisi, kami akan menjelaskannya secara ringkas dan sederhana dalam uraian berikut ini. Untuk memudahkan Anda dalam memasang kamera CCTV, sebaiknya Anda IP CCTV. Cara memasang CCTV ini cenderung lebih mudah. Akan tetapi, harganya sedikit lebih mahal karena CCTV jenis ini lebih modern dan bisa langsung terhubung ke internet. Seperti apa cara pasang kamera CCTV? Simak informasinya pada ulasan berikut ini.

 

  1. Periksa Kelengkapan CCTV

 

Untuk memudahkan proses cara pasang kamera CCTV, Anda disarankan untuk membeli satu paket CCTV. Pembelian dengan sistem paketan ini juga lebih hemat. Pembelian paket CCTV jelas lebih menguntungkan Anda. Setelah itu, Anda harus memeriksa kelengkapan CCTV tersebut. Ketika Anda membeli CCTV dalam sistem paket, di dalam kardus CCTV akan tertulis barang apa saja yang termasuk di dalamnya. Silahkan periksa dengan teliti, apakah barang yang datang sesuai dengan apa yang tertulis. Satu paket CCTV biasanya berisi minimal Stand-Alone recorder dengan 4 channel, kamera cctv (baik indoor maupun outdoor), kabel khusus CCTV, memori, dan kabel HDMI (untuk disambungkan ke monitor atau PC).

Baca juga :  Lingkungan Aman dengan Cara Setting CCTV Online Via Modem GSM

 

  1. Lihat Cara Perakitan CCTV

 

Ketika Anda membeli satu paket CCTV, biasanya dalam box tersebut juga dilengkapi cara perakitan CCTV tersebut, misalnya bagaimana cara menyambungkan unit-unit CCTV, cara menyambungkan CCTV ke smartphone atau tablet, dan cara pemeliharaannya. Jangan buru-buru memasang, cermati dulu langkah-langkah pemasangannya sesuai dengan petunjuk pemasangan tersebut. Setelah itu, Anda bisa tahu bagaimana cara pasang CCTV Wireless di rumah tanpa teknisi.

 

  1. Siapkan Peralatan Tambahan

 

Untuk dapat measang CCTV, tentu tidak hanya membutuhkan satu paket CCTV saja. Anda juga membutuhkan alat-alat tambahan, seperti bor listrik, sekrup khusus untuk bor listrik, dan juga sambungan listrik. Mengapa butuh sambungan listrik? Karena biasanya CCTV dipasang di sudut ruangan yang jauh dari sumber listrik. Makanya, dibutuhkan kabel sambungan untuk menjangkau sumber listrik. Siapkan alat-alat pendukung ini sebelum memulai proses cara pasang CCTV Wireless.

 

  1. Pasang CCTV

 

Cara pasang CCTV sebenarnya sangat mudah. Pertama, Anda harus menentukan lokasi pemasangan kamera CCTV. Anda bisa memasangnya di tempat-tempat tertentu di dalam rumah yang tidak membutuhkan privasi. Misalnya, di depan pintu utama. Sudut ini penting dipasangi CCTV karena menjadi tempat lalu-lalangnya orang-orang. Setelah tahu lokasi pemasangan CCTV, selanjutnya Anda harus memilih angle yang tepat. Pastikan CCTV terpasang di sudut yang tepat yang mampu merekam isi ruangan. Setelah itu, Anda bisa memasang kamera CCTV di sudut yang sudah Anda tentukan. Pasang menggunakan bor dan sekrup khusus. Terakhir, pasangkan kabel-kabel yang seharusnya terhubung sesuai dengan yang Anda baca di label petunjuk pemasangan. Setelah itu, Anda bisa mengecek sendiri kamera CCTV yang sudah berhasil Anda pasang. Untuk bisa menyambungkannya ke smartphone, pastikan rumah Anda sudah dilengkapi dengan jaringan internet. Biasanya, Anda juga harus menginstall aplikasi terlebih dahulu sesuai dengan yang tercantum dalam petunjuk pemasangan. Setelah semua proses selesai, rumah Anda pun akan lebih aman. Orang jahat akan berpikir ulang jika ingin beraksi di rumah Anda karena rumah Anda sudah dilengkapi dengan kamera CCTV.

Facebook