Cara Setting CCTV Online Dengan Modem

Dewasa ini dengan berkembangnya teknologi, masyarakat semakin dimudahkan dengan akses sehari-hari, dan salah satunya adalah dengan memantau selalu kamera cctv yang kita miliki secara online. Bahkan sebagai pemilik, kita tidak hanya memantaunya sendirian. Untuk beberapa kasus, kita bahkan bisa sekali dibantu memantau cctv secara online oleh para pengguna internet dari seluruh penjuru dunia. Cara setting cctv online pun sangatlah mudah, dan perangkat yang anda butuhkan hanyalah perlengkapan cctv yang komplit, lalu tidak lupa jaringan internet untuk mengkoneksikannya ke dunia maya. Biasanya jaringan internet yang sering dipilih adalah modem, dan berikut adalah cara setting cctv online speedy yang paling umum.

Pertama yang harus anda lakukan untuk cara setting cctv online adalah membuka laman pencarian atau browser pada layar komputer anda. Kemudian tuliskanlah alamat gateway khusus untuk modem speedy. Untuk alamat gateway produk ini biasaya sama, yakni anda dapat menuliskan http titik dua, garis miring dua kali, lalu 192.168.1.1. Kemudian tampilan pada layar komputer anda akan meminta pengguna untuk mengisi formulir yakni username dan password. Kemudian anda dapat mengisi kedua kolom isian tersebut dengan menggunakan tulisan “admin.” Maka di layar komputer anda akan memperlihatkan alamat IP (IP address) milik anda. Bila tampilan belum seperti itu, maka ulangi proses dari awal dan pastikan anda telah memasukkan username beserta passwordnya dengan benar dan pada laman yang benar.

Selanjutnya, bila tampilan layar anda sudah seperti yang diinstruksikan, maka pilihlah menu dengan tulisan “Advanced Settup.” Kemudian, anda akan diminta untuk mengisikan nomor IP address anda pada kolom yang telah tersedia. Maka pastikan bahwa nomor ip anda telah sesuai dengan yang tertera sebelumnya. Pastikan untuk mencatat nomor IP anda ini.

Baca juga :  Aplikasi CCTV Untuk PC di Google Play Store

Selanjutnya, pilihlah kolom Virtual Circuit dengan pilihan PVC0. Lalu bila semuanya sudah selesai, maka lanjutkan dengan mengeklik tombol segitiga bertuliskan “Virtual Server.” Lalu cocokkan semua nomor dengan benar, mulai dari rule index 1, Protocol All, dan lain sebagainya. Untuk IP Address, isikan nomer IP berikut: 192.168.1.150. Selanjutnya, samakan nomor tersebut dengan nomor IP DVR yang muncul pada kolom setelahnya. Selanjutnya, anda bisa mengkoneksikan kamera cctv anda ke internet secara online. Itulah cara setting cctv online yang paling mudah untuk dapat anda lakukan sendiri.

Bila anda merasa bahwa cara setting cctv online ini sangat rumit dan membingungkan bagi anda, maka sangat disarankan anda untuk dibantu dengan ahli. Terutama bila anda baru saja memasang kamera cctv di rumah, maka anda bisa meminta bantuan dari tukang cctv tersebut untuk mengkoneksikan tampilan cctv anda secara online. Jadi selain memasang cctv di rumah, anda juga bisa meminta tukang pasang cctv tersebut untuk mengkoneksikannya melalui internet. Sebenarnya cara ini biasa digunakan oleh supermarket atau toko-toko besar yang membuat tampilan layar cctv mereka secara otomatis terhubung secara online dan dapat diproyeksikan pada layar LED yang tersebar di setiap sudut ruangan. Tentu kita juga sering melihat bukan adanya layar LED yang memproyeksikan tampilan cctv secara langsung.

 

Itu tadi adalah cara setting cctv online melalui modem. Tentunya cara ini akan berbeda dengan cara setting cctv online denga nip dynamic. Oleh karena itu anda perlu mengetahui terlebih dahulu jaringan apa yang ingin anda gunakan untuk mengunggah hasil tangkapan gambar kamera cctv milik anda. Bila anda merasa kesulitan, anda dapat memanggil tukang cctv untuk membantu anda. Terutama bila tujuan anda untuk memasang cctv terkoneksi secara online adalah untuk keperluan kantor atau perusahaan.

Baca juga :  Penawaran Terbaik Paket CCTV Hikvision

Faktanya, cara setting cctv online di atas memang lebih sering digunakan untuk perusahaan besar, perkantoran, atau pertokoan. Settingan tersebut akan membantu para petugas untuk memantau gerak-gerik yang dilakukan oleh para pengunjung. Kemudian bila ada sekiranya aktifitas yang mencurigakan, maka setiap orang yang melihat layar LED yang disediakan dapat segera tahu. Selain itu, bila seperti yang ada di pusat perbelanjaan, setiap konsumer dapat mengetahui gerak-gerik mereka terekam di cctv, tentunya ini akan mengurangi niat tidak baik oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan dilarang seperti mencuri. Dengan mengetahui adanya cctv yang sedang dilihat oleh hampir seluruh pengunjung, setidaknya niat pelaku kejahatan dapat terkurangi atau hilang.

Facebook