Harga Kamera CCTV di Indonesia

Harga kamera CCTV di Indonesia sebenarnya cukup murah. Untuk harga kamera CCTV outdoor mulai dari 200-500ribu rupiah. Sementara harga kamera CCTV indoor mulai dari 150ribu rupiah.

Namun harga kamera CCTV tersebut belum termasuk harga DVR-nya. Sementara harga DVR sendiri paling murah sekitar 300 ribu rupiah, tergantung merk DVR tersebut.

Perbedaan Kamera CCTV Analog dan Digital

CCTV berdasarkan tipe kameranya dibedakan menjadi dua yaitu CCTV analog dan CCTV digital.

Jika Anda bingung untuk memutuskan mana kamera CCTV yang sebaiknya Anda beli, simak perbedaan kamera CCTV analog dan digital berikut ini.

  • Kamera CCTV analog membutuhkan kabel coaxial dan Digital Video Recorder (DVR) eksternal.

 

Fungsi kabel coaxial ini adalah untuk mentransfer gambar yang ditangkap oleh kamera CCTV ke DVR. Padahal kabel coaxial sekarang sudah jarang ditemukan karena jarang yang memakainya.

 

Sementara pada kamera CCTV digital menggunakan kabe UTP,RJ45 yang dapat disambungkan ke Ethernet.

  • Tidak dapat dilihat secara online. Kamera CCTV analog bisa dilihat menggunakan IP address tetapi tidak bisa diakses secara online.

 

Jadi untuk melihatnya hanya bisa melalui satu komputer atau TV yang terhubung ke kamera tersebut

 

Karena hanya bisa dilihat dari satu perangkat, maka jika Anda berpergian ke luar kota tentu saja Anda tidak bisa memantau kamera CCTV tersebut

 

Sementara CCTV digital bisa Anda pantau melalui internet baik lewat komputer atau HP. Jadi ketika Anda berpergian ke luar kota tetap bisa memantau CCTV tersebut.

  • Harga kamera CCTV analog realtif lebih murah dibandingkan harga kamera CCTV Memilih kamera CCTV analog bisa menjadi opsi bagi Anda yang hanya memiliki dana terbatas.
  • Kualitas gambar atau video yang dihasilkan oleh CCTV digital jauh lebih bagus daripada CCTV analog. Bahkan saat ini CCTV digital sudah ada yang memiliki kualitas hingga 720p.
  • Hasil rekaman di CCTV digital bisa dipindahkan ke flashdisk atau CD
  • Namun soal keamanan akses, tentu saja lebih aman CCTV analog. Karena CCTV digital dapat diakses melalui komputer maka kemungkinan besar bisa dibobol atau di-hack oleh orang lain yang iseng.
Baca juga :  Cara Memilih Kamera CCTV Terbaik

 

Sementara untuk mengakses CCTV analog harus langsung dari perangkat komputer atau TV yang terhubung dengan CCTV tersebut. Sehingga orang lain tidak bisa membobol akses untuk melihat rekaman CCTV melalui internet.

Setelah mengetahui perbedaan kamera CCTV analog dan digital, silakan tentukan mau membeli yang mana sesuai dengan kebutuhan Anda.

Merk DVR CCTV yang Bagus

 

Di pasaran Indonesia ada banyak sekali merk DVR CCTV. Agar tidak bingung memilih merk CCTV di bawah ini ada beberapa merk DVR CCTV yang bagus.

Samsung

Merk asal Korea Selatan yang terkenal sebagai produse smartphone ini juga mengeluarkan produk berupa DVR.

Untuk DVR dengan 8 channel, kualitas perekaman full HD, dan dapat diakses melalui internet baik komputer, android ataupun iOS. DVR Samsung memiliki harga sekitar Rp3000.000 (tiga juta rupiah)

HIKVISION

Merk HIKVISION cukup terkenal di Indonesia sebagai produsen CCTV dan DVR. Untuk DVR dengan channe 16 channel harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan DVR keluaran Samsung.

Harga DVR HIVISION 16 channel sekitar Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah)

AHD DVR

Merk ini sebenarnya tidak setenar Samsung dan HIKVISION tetapi harganya lebih murah dibandingkan dengan kedua merk DVR di atas.

Untuk DVR dengan kualitas perekaman mencapai 1080p dengan 8 channel dan bisa diakses melalui internet, DVR ini hanya dihargai senilai Rp650.000 saja.

Glenz

Merk DVR selanjutnya dengan harga yang cukup murah adalah Glenz. Dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan DVR AHD yaitu dapat merekam dengan kualitas hingga 1080p, memiliki 8 channel, dapat diakses melalui internet dan dapat dihubungkan dengan CCTV analog maupun digital;  DVR Glenz dibanderol dengan harga mulai dari Rp500.000

Baca juga :  Aneka Macam Harga DVR CCTV

Dari beberapa merk DVR CCTV yang bagus di atas, merk HIKVISION adalah yang paling banyak digunakan karena kualitasnya yang bagus dan harganya yang lebih murah dibandingkan dengan Samsung.

 

Facebook