Kelebihan dan Kekurangan 4 Jenis Power Supply CCTV

Banyak pengguna CCTV yang mengesampingkan perangkat power supply yang ada pada CCTV. Artikel ini akan memberikan informasi kelebihan dan kekurangan 4 jenis power supply CCTV.

CCTV merupakan bentuk perangkat kamera yang dapat melakukan perekaman video yang ada pada area jangkauan pengawasannya. Untuk dapat melakukan perekaman tentunya kamera CCTV ini memerlukan input daya yang dapat diperoleh dengan menggunakan power supply. Mengingat pentingnya peranan power supply CCTV ini menjadikan setiap produsen CCTV menyertakan perangkat ini setiap kali pembelian perangkat CCTV.

 

Saat Anda ingin membeli CCTV maka perhatikan pula power supply di dalam paket yang ada saat pembelian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Beberaapa hal yang harus Anda perhatikan adalah jumlah daya yang menjadi kebutuhan kamera CCTV (tegangan AC atau DC), kuat arusnya serta besar tegangan yang dibutuhkan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan beberapa jenis power supply CCTV yang ada di merk CCTV kualitas terbaik yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

 

Kelebihan dan Kekurangan 4 Jenis Power Supply CCTV

Kelebihan dan kekurangan masing-masing power supply CCTV dibawah ini berbeda-beda. Pilihlah perangkat pengisian daya untuk kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Power Supply Termodulasi (Satu Kabel) Pada Kamera CCTV

Diperuntukan untuk signal video gambar, sistem ini beroperasi dengan cara melakukan modulisasi power supply dengan satu buah kabel coaxial. Receiver atau spliter akan dipasang pada sisi kamera CCTV yang selanjutnya memisahkan antara power supply dan signal video yang berfungsi untuk menjalankan CCTV.

 

Kelebihan power supply ini adalah mampu menghemat pada bagian kabel power, karena kabel power sudah dimodulasikan dengan menggunakan kabel video sehingga tidak memerlukan kabel lainnya. Kekurangan yang dimiliki adalah Anda harus menyiapkan 2 buah unit interface (receiver single cable dan transmitter single cable) beserta power supplynya.

Baca juga :  8 Aplikasi CCTV Live Streaming Melalui HP Android

 

  1. Power Supply External Adaptor Pada Kamera CCTV

Pemasangan yang tidak terlalu sulit menjadikan sistem ini banyak dipakai oleh para penginstall CCTV. Pada bagian samping kamera CCTV terdapat power dan menyambungkan ke stopkontak yang ada guna memperoleh sumber listrik. Sistem ini juga biasanya digunakan oleh para instalatir kamera CCTV dengan kamera CCTV yang harganya relatif murah.

 

Kelebihan dari sistem power supply ini adalah kabel power yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit sehingga hemat kabel power. Kekurangan yang dimiliki power supply jenis ini adalah jika kamera Anda mengalami lose power maka bisa dipastikan CCTV tidak bisa merekam sehingga memerlukan teknisi untuk mengecek jaringannya.

 

  1. Power Supply Over Internet (POE) Pada Kamera CCTV

Power supply jenis ini diperuntukan bagi Anda yang memiliki kamera jaringan atau yang sering disebut sebagai IP kamera atau IP CCTV. Power supply POE ini mengadopsi dari sistem switch yang sudah melakuan penginjeksian memakai kawat cadangan pada bagian cat5 dan juga cat6. Power supply yang dipakai pada pin 4,5,7,8 atau juga bisa melakukan injeksi dari bagian luar power adaptor yang telah terpasang dengan pemasangan HUB atau switch.

 

Kelebihan yang dimiliki power supply yang ada pada merk CCTV kualitas terbaik ini adalah mampu menghemat biaya penyediaan kabel CCTV yang disediakan bagi kamera jaringan maupun kamera analog, data gambar dan power supplynya terdapat dalam satu tarikan kabel UTP. Hampir tidak ada kekurangan untuk jenis power supply CCTV ini, karena itu kami sangat merekomendasikannya untuk Anda beli.

 

  1. Power Supply Tersentralisasi Pada Kamera CCTV

Para instalatir CCTV berpengalaman menggunakan sistem ini karena sangat mudah dalam service dan pemeliharaannya. Sistem power supply ini memiliki sistem jaringan pada kabel power baik DC maupun AC yang terkoneksi/terpusat pada bagian camera CCTV control.

Baca juga :  Tips Ampuh Memilih CCTV Terbaik dari Toko yang Jual Kamera CCTV

 

Kelebihan dari sistem power supply ini adalah dalam hal pengontrolan kondisi power kamera menjadi mudah karena perbaikan hanya cukup dilakukan pada ruangan kontrol saja tanpa Anda harus mendatangi lokasi kamera yang ada, apabila terjadi kerusakan pada power atau sekring pengaman yang putus. Kekurangan yang dimiliki adalah Anda memerlukan kabel power yang cukup panjang untuk dapat mengkoneksian ruang kontrol dengan tempat dimana kamera CCTV berada.

 

Itulah penjabaran mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan power supply CCTV yang dapat kami sajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan pilihlah salah satu power supply yang menurut Anda bagus sehingga Anda terlindar dari masalah CCTV tidak bisa merekam .

Facebook