Prosedur Cara Setting DVR CCTV Agar Bisa Online dengan Mudah

Bagaimanakah cara setting dvr cctv agar bisa online? Pada dasarnya, dvr cctv memang telah dilengkapi dengan port LAN, sehingga Anda bisa menyambungkan dvr ke internet.

Terdapat banyak cara setting dvr cctv agar bisa online ke internet. Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan bantuan dari komputer atau handphone. Cara yang digunakan sangat mudah, sehingga Anda bisa mencoba sendiri dan mengaplikasikannya pada dvr cctv yang ada pada rumah, ruangan atau toko. Dalam mengaplikasikan langkah-langkah untuk bisa membuat dvr cctv online, Anda sebaiknya harus memperhatikan dengan benar dan teliti agar upaya yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Cara setting dvr cctv agar bisa online yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan penyedia produk cctv juga bisa Anda tiru. Tetapi kebanyakan, cara setting dvr dilakukan sepaket dengan pemasangan cctv. Walaupun memang ada beberapa paket pemasangan yang tidak langsung melakukan setting online pada dvr cctv. Oleh sebab itu, Anda harus menguasai caranya untuk sekedar berjaga-jaga bila tidak mendapatkan pelayanan setting online dari perusahaan yang menyediakan paket pemasangan cctv. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dvr cctv bisa digunakan secara online.

Cara Menyambungkan DVR Agar Online

Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh jika dvr cctv yang dipasang di rumah, toko atau tempat lainnya dapat diakses melalui jaringan online. Karena apabila telah terdaftar menjadi dvr online, dimanapun berada dan kapanpun Anda ingin melihat rekaman cctv, hal tersebut dapat Anda lakukan jika dvr cctv sudah tersetting secara online. Cara mudah yang bisa Anda coba yaitu :

  1. Setting Menggunakan DDNS

Cara setting dvr cctv agar bisa online, Anda harus melewati beberapa langkah yang akan dibahas berikut ini. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan cara:

  • Kenali terlebih dulu topologi jaringan pada cctv Anda.
  • Setelah topilogi jaringan dikenali, Anda bisa langsung lanjut cara setting dvr dengan mengisi nomor seri pada IP address, DNS, Port DVR, Netmask dan Gateway.
  • Apabila nomor seri telah Anda isi, sekarang saatnya untuk menuju langkah selanjutnya yaitu dengan menekan icon start windows, lalu klik all program kemudian accesories dan langsung klik command promt.
  • Setelah hal tersebut selesai, maka Anda harus mengisi atau mengetik ping IP addres agar tersambung melalui online.
  1. Setting Menggunakan Hp Blackberry
Baca juga :  CARA DOWNLOAD CMS CCTV 2018

Tidak hanya handphone samrtphone saja yang bisa digunakan untuk membuat dvr cctv menjadi online. Karena ternyata, Anda dapat melakukan setting online dvr hanya menggunakan hp Blackberry. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini :

  • Lakukan klik kanan pada main menu pada handphone Anda.
  • Jika muncul halaman yang berbeda seperti gambar di bawah ini, Anda harus menekan tombol Advance.
  • Setelah berada pada jendela Advance, klik lagi icon Network.
  • Pada saat itu, Anda akan melihat jendela yang harus diisi oleh nomor seri seperti media port, web port, IP address cctv, subnet mask, gateway DNS1 dan DNS2.
  • Apabila nomor-nomor tersebut sudah Anda isi, klik UPNPP agar On dan kemudian tekan appply lalu klik tulisan DDNS yang berada di bawah pada bagian kiri.
  • Setelah itu, lakukan setting pada DDNS kemudian tekan apply lalu exit.
  • Langkah selanjutnya yaitu Anda klik main menu kemudian icon Advance pada layar. Kemudian lalukan setting pada layar selanjutnya yang berisikan mobile user dll. Sesudah terisi, maka tekan apply kemudian exit.
  • Jika cara-cara di atas dilakukan dengan benar, maka dvr cctv Anda bisa dipantau secara online.
  1. Setting CCTV Online

Agar bisa melakukan cara koneksi cctv ke internet, Anda harus melakukan prosedur yang akan di jelaskan di bawah ini :

  • Untuk melakukan prosedur setting, Anda harus memiliki hostname DDNS terlebih dulu. Setelah itu, buat akun DDNS untuk Anda.
  • Setelah proses tersebut selesai, maka Anda giliran melakukan setting pada cctvnya dengan mengisi network setup pada dvr dengan usernam yang Anda buat sebelumnya.
  • Kemudian buka menu modem dengan mengisi nomor seri, setelah itu lakukan restart pada dvr.
  • Coba buka canyouseeme.org untuk mengecek port, kemudian buka browser ketikan IP addres Anda.
  • Jika berhasil, maka cctv Anda akan terlihat melalui online.
Baca juga :  Tips Mudah Cara Setting CCTV Online H.264 DVR

Pada ulasan si atas telah dijelaskan bagaimana cara setting dvr cctv agar bisa online menggunakan internet. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Oleh sebab itu lakukan sekarang juga!

Facebook