Sekilas tentang Kamera CCTV Wireless dan pengaturannya

Sekilas tentang Kamera CCTV Wireless dan pengaturannya

Kamera CCTV Wireless merupakan inovasi CCTV yang didesain tanpa kabel dalam instalasinya. CCTV tersebut dihubungkan oleh IP address. Dibandingkan dengan CCTV analog, CCTV Wireless lebih praktis dan efisien, namun anda perlu mempelajari lebih dalam tentang bagaimana untuk menyambungkan IP address antara camera CCT dengan perangkat computer atau Smartphone anda. Lebih jauh lagi tentang bagimana kelebihan dan kekurangan CCTV Wireless, anda harus menyimak ulasan berikut ini!

 

Kelebihan dan Kekurangan Kamera CCTV Mini Tanpa Kabel

  1. Kelebihan CCTV Wireless

 

  1. Kelebihan dari CCTV Wireless yaitu terletak pada pemasangannya yang tidak terlalu ribet karena tidak membutuhkan kabel penghubung. Oleh karena itu, anda dapat dengan bebas menentukan spot paling strategis walaupun jarak camera dengan monitor sangat berjauhan.
  2. Anda juga dapat menggunakan gadget Smartphone sehingga dapat memonitor CCTV tanpa batas ruang dan waktu. Dengan tersambungnya ke perangkat Smartphone, maka anda akan memperoleh notifikasi apabila CCTV anda menangkap gerakan-gerakan tertentu yang mencurigakan.
  3. CCTV Wireless biasanya mengaplikasikan rekaman video dengan resolusi tinggi sehingga hasil recording akan tampak lebih jelas dan tajam.
  4. Kelebihan lainnya dari CCTV Wireless adalah kaya akan fitur yang dibutuhkan seperti auto zoom untuk melihat detail kejadian, sensor gerak tertentu, sampai dengan sensor wajah.

 

  1. Kekurangan Kamera CCTV Wireless

 

  1. Kekurangannya, CCTV yang satu ini masih dibandrol dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga yang dibandrol untuk CCTV analog atau biasa.
  2. Anda juga akan dipusingkan dengan setting dan konfigurasi IP address di perangkat computer atau laptop dan di perangkat camera CCTV-nya. Hal ini akan sangat rumit bagi anda yang kurang memahami tentang hal itu.
  3. Karena CCTV model ini harus tersambung langsung dengan jaringan internet, maka keamanan data rekaman atau hasil recording dari CCTV wireless terkadang bisa terkena hack atau dibajak oleh orang lain.
Baca juga :  Harga Kamera CCTV Terbaru 2018

 

Langkah-Langkah Cara Pasang CCTV Wireless

Berikut ini adalah rangkaian cara atau langkah-langkah yang dibutuhkan jika anda ingin memasang  kamera CCTV mini tanpa kabel di rumah atau perusahaan anda. Baca dengan teliti agar anda dapat mengaplikasikannya dengan baik dan benar!

  1. Pertama-tama, hubungkan IP address dari kamera CCTV dengan perangkat laptop atau komputer yang difungsikan sebagai monitor CCTV anda.
  2. Sesuaikan settingan IP address yang ada pada perangkat laptop atau computer dengan IP address yang terdapat pada camera CCTV wireless yang telah anda pasang. Misalnya IP adress pada kamera adalah 192.168.1.97; maka dalam laptop atau computer dapat disetting menjadi 192.168.1.2. Di computer atau laptop setting-an tersebut ada pada Control Panel.
  3. Anda juga harus merubah pengaturan adapter pada menu Local Area Connection dan select properties dan ganti dengan menggunakan TCP/IPv4 atau Internet Protocol Version 4 sehingga IP address perangkat anda bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan.
  4. Selanjutnya, anda harus meng-istall software IP installer. Hal ini dimaksudkan agar pendeteksian IP address pada kamera CCTV anda dapat ter-setting secara otomatis. Kemudian, rubahlah IP address otomatis tersebut secara manual dan sesuaikan dengan IP address pada perangkat computer atau laptop anda.
  5. Pastikan bahwa IP address kamera sudah bisa diakses dan anda bisa mengetahuinya dengan browser yang ada pada perangkat laptop atau computer anda. Pada browser tersebut pilih menu tools dan select internet. Pada bagian security, anda harus select custom level dan jangan lupa untuk mengaktifkan seluruh jenis plugin, lalu klik ok.
  6. Rekaman hasil CCTV wireless dapat langsung anda akses dengan mengetikkan IP address yang telah ter-setting pada perangkat kamera CCTV sebelumnya.
  7. Hubungkan kamera CCTV Wireless tersebut dengan switch terdekat. Dengan menggunakan CCTV wireless ini, Anda tidak perlu menghubungkan secara langsung CCTV dengan laptop atau komputer yang digunakan untuk memonitor.
  8. Langkah selanjutnya tentang Cara Pasang CCTV Wireless adalah dengan memasang camera CCTV di tempat yang paling strategis menurut anda.
  9. Sambungkan dengan perangkat Smartphone dengan menggunakan aplikasi CCTV for Smartphone.
  10. Jangan lupa untuk mencoba mempraktikannya sehingga rumah atau perusahaan anda sudah terproteksi oleh CCTV.
Baca juga :  CARA MEMBUAT CCTV DARI KAMERA HP RUSAK

Itulah sekilas tentang kelebihan dan kekurangan CCTV Wireless serta langkah-langkah bagimana cara memasangnya dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan berharga bagi anda!

Facebook