Tips Praktis Cara Pasang CCTV Sendiri

Pemasangan CCTV atau kamera pengintai sebenarnya sangat mudah selama anda mengetahui cara yang benar. Terutama bila anda ingin menghemat biaya pemasangan, maka sebaiknya lakukanlah saja sendiri. Bahkan di setiap kardus produk CCTV selalu disertakan cara instalasi yang baik dan benar, sehingga anda tidak perlu lagi memanggil tukang kabel atau tukang listrik untuk membantu anda dalam pemasangan kamera. Namun perlu anda ketahui pula bahwa kamera CCTV tidak hanya sekedar kamera yang dapat disambungkan ke komputer. Ada beberapa komponen yang perlu anda ketahui dalam cara pasang cctv yang benar. Jadi pertama, ketahui bahwa CCTV memiliki dua tipe, yaitu cctv dengan kabel, dan kedua tanpa kabel atau yang biasa disebut dengan wireless.

Untuk cara pasang cctv yang menggunakan kabel biasanya lebih membutuhkan kecakapan teknis dan fisik bila dibandingkan dengan cara pasang cctv wireless. Untuk cctv dengan kabel, anda harus memerlukan DVR atau Digital Video Recorder. Tidak hanya digunakan untuk pemasangan cctv berkabel, DVR juga masih digunakan untuk cctv tanpa kabel. Sebagai salah satu kelengkapan dalam memasang kamera pengintai, fungsi alat ini adalah sebagai alat perekam gambar yang menyimpannya dalam drive, yang bisa ditransferkan dalam USB flash drive, disk drive, kartu memori, serta penyimpanan lainnya. Jadi secara singkatnya, DVR ini berfungsi untuk menyimpan gambar yang telah ditangkap kamera. Jadi kamera tidak langsugn mentransferkan hasil gambar pada komputer, namun melalui DVR terlebih dahulu untuk disimpan datanya, baru kemudian ditransfer pada layar monitor.

Kemudian, cara pasang cctv dengan kabel adalah merangkai kabelnya. Masukkan kabel output video dengan input kabel yang ada pada DVR. Begitupun dengan kabel power listrik dari kamera, koneksikan pula dengan kabel yang sesuai. Anda dapat mengikuti petunjuk gambarnya pada manual atau buku panduan yang selalu disertakan dalam kardus cctv tersebut. Setelah semua kabel yang berasal dari kamera berhasil terkoneksi dengan baik ke DVR, maka pastikan semua sambungannya telah terkunci dengan baik dan tidak mudah lepas. Pastikan semua output dan input sudah tertancap dengan baik dan rapat. Kemudian, Sambungkan ujung kabel adaptor DVR pada kotaknya, lalu setelah semua terpasang maka masukkan power adaptor pada stop kontak. Bila anda menggunakan lebih dari satu cctv, cara yang dilakukan tetap sama, namun disarankan menggunakan kabel power splitter untuk memisahkan koneksi.

Baca juga :  Cara Setting CCTV Ke Internet Dengan Cepat dan Mudah yang Tak Boleh Dilewatkan!

Kemudian, untuk cara pasang cctv yang tanpa kabel atau wireless, anda perlu mencocokkan kode IP atau IP address yang ada pada DVR, komputer, beserta kamera CCTV. Cara ini memerlukan kejelian dan ketelitian dalam database, karena anda perlu mengatur settingan pada komputer dan mencocokkannya dengan yang ada pada cctv. Anda bisa membuka menu yang ada di komputer anda bertuliskan Local Area Connection dan mengekliknya. Ada beberapa pilihan yang muncul, lalu pilihlah menu properties. Dari menu tersebut, anda harus mengganti pengaturan dengan Internet Protocol Version 4 dari tulisan “this connection use the following items.” Kemudian, akan muncul nama IP CCTV pada kamera anda, dan anda tinggal mengkoneksikannya.

Secara garis besar, untuk cara pasang cctv sendiri, anda bisa mengikuti manual atau petunjuk yang diberikan di dalam buku. Namun bila anda merasa bahwa pasang cctv di rumah terlalu rumit untuk dilakukan sendiri, maka disarankan untuk memanggil tukang kabel atau tukang pasang cctv. Bila anda membelinya secara langsung di toko, biasanya toko tersebut akan menawarkan pemasangan cctv secara gratis, dan sudah termasuk dari service atau pelayanan yang mereka berikan. Namun beberapa toko memberikan pelayanan ini secara gratis untuk produk tertentu, seperti tentunya untuk cctv dengan teknologi rumit yang berharga mahal. Sedangkan untuk jenis cctv yang lebih murah, anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemasangannya.

Selain mengutamakan faktor cara pasang cctv secara teknis, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti dimana anda akan meletakkan kamera cctv. Kebanyakan orang memasang cctv di depan rumah atau depan pintu, untuk memantau pergerakan tamu atau orang asing yang mengunjungi rumah. Karena diletakkan di bagian luar rumah, tentunya anda harus memilih tempat yang sesuai supaya kamera cctv tidak terlalu terpapar dengan sinar matahari berlebih yang mengakibatkan performanya menurun.

Facebook